Minggu, 29 Mei 2011

Dua Gempa Kecil Guncang Solok

Gempa bumi dua kali mengguncang Kota Solok, Sumatra Barat, Jumat (27/5). Berdasarkan data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi pertama kali terjadi sekitar pukul 19.54 WIB. Gempa berkekuatan 3,2 skala richter (SR). Gempa berpusat di 4 kilometer Barat Daya Kota Solok dengan kedalaman 10 km. Lokasi gempa tepatnya pada posisi 0,8 Lintang Selatan 1,64 Bujur Timur.

Selanjutnya gempa terjadi sekitar pukul 22.04 WIB. Gempa berkekuatan 2,8 SR berpusat di 14 Km Barat daya Kota Solok. Posisi gempa di 0,86 Lintang Selatan 1,52 Bujur Timur dengan kedalaman 28 Km. "Gempa bumi yang terjadi tersebut hanya dirasakan sekitar wilayah Solok," kata Dedi, salah satu staf BMKG Padangpanjang saat dihubungi.

Dia menambahkan, BMKG belum tahu gempa bumi yang mengguncang Kota Solok tersebut berasal dari Gunung Talang. Menurutnya, BMKG masih melakukan pemantuan pergerakan gempa. "Hingga sekarang kita belum mendapatkan informasi dari pusat vulkanologi dari gunung mana asal gempa yang mengguncang Kota Solok,"katanya.

Di tempat terpisah, Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar, Ade Edwar mengatakan hingga saat ini belum ada laporan korban maupun rumah yang rusak akibat gempa yang melanda Kota Solok. "Hal yang patut dilakukan oleh masyarakat untuk menyelamatkan diri, namun jangan merasa cemas ketika terjadi gempa akan menambah korban jiwa nantinya jika merasa cemas," katanya.(Ant/BEY)
Sumber Metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar